Jumat, 21 Maret 2014

Sistem Kemudi

Assalamualaikum Wr.Wb
SELAMAT  DATANG
DI
AKUN BLOG SAYA
Disini saya akan memberikan informasi hanya khusus mengenai dunia Otomotif
Informasi ini saya dapatkan langsung dari materi di sekolah saya
Dan
Di dunia industri otomotif
Secara praktek kerja lapangan maupun teori yang ku peajari dan ku alami
Materi  yang ku biasa berikan kali ini tentang :

SISTEM KEMUDI

FUNGSI
Untuk mengendalikan arah gerak kendaraan 
  
SISTEM KEMUDI DIBEDAKAN MENJADI 2 JENIS,
YAITU :
1. SISTEM KEMUDI MANUAL
2. SISTEM KEMUDI OTOMATIS (KEMUDI DAYA)

URAIAN
1. SISTEM KEMUDI MANUAL




KOMPONEN UTAMA SISTEM KEMUDI
1. STEERING WHEEL
2. STEERING COLUMN
3. STEERING GEAR
4. STEERING LINGKAGE






FUNGSI KOMPONEN UTAMA SISTEM KEMUDI
1. STEERING WHEEL
    Mengendalikan arah roda depan melalui lengan penghubung
2. STEERING COLUMN
    Untuk meneruskan arah putaran dari kemudi ke steering gear
3. STEERING GEAR
    Untuk memungkinkan roda depan dapat diarahkan sesuai dengan arah putaran kemudi yang diinginkan
4. STEERING LINGKAGE
    Sebagai penghubung untuk memindahkan tenaga putar dari steering wheel ke roda depan.

Pada dasarnya Steering Gear dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu :
a. Jenis Worm and Sector Roller
b. Jenis Worm and Sector
c. Jenis Screw Pin
d. Jenis Screw and Nut
e. Jenis Recirculating Ball
KOMPONEN UTAMA SISTEM KEMUDI JENIS RECIRCULATING BALL
1. RODA KEMUDI
2. POROS UTAMA KEMUDI
3. BATANG KEMUDI
4. BAK RODA GIGI KEMUDI
5. LENGAN PITMAN
6. BATANG PENGHUBUNG
7. TIE ROD
8. LENGAN IDLER
9. LENGAN NAKEL
10. BALL JOINT SUSPENSI
11. BANTALAN ATAS




FUNGSI KOMPONEN UTAMA SISTEM KEMUDI JENIS RECIRCULATING BALL
1.   RODA KEMUDI
      Mengendalikan arah roda depan melalui lengan penghubung
2.   POROS UTAMA KEMUDI
      Mengirim gaya putar roda kemudi ke bak roda gigi kemudi
3.   BATANG KEMUDI
      Tempat Poros Utama
4.   BAK RODA GIGI KEMUDI
      Merubah gerak putar kemudi ke gerakkan maju mundur lengan penghubung
5.   LENGAN PITMAN
      digerakkan maju mundur oleh bak roda gigi kemudi dan dihubungkan dengan batang penghubung
6.   BATANG PENGHUBUNG
      Menghubungkan Tie Rod di sebelah kanan dan kiri
7.   TIE ROD
      Menghubungkan lengan nakel dan batang penghubung
8.   LENGAN IDLER
      Menunjang batang penghubung dan tie rod
9.   LENGAN NAKEL
      Mengendalikan roda depan sesuai dengan gerakkan lengan penghubung
10. BALL JOINT SUSPENSI
      Tempat berputarnya roda-roda depan
11. BANTALAN ATAS
      Tempat dudukan peredam kejut

f. Jenis Rack and Pinion
KOMPONEN UTAMA SISTEM KEMUDI JENIS RACK AND PINION
1. RODA KEMUDI
2. POROS UTAMA KEMUDI
3. BATANG KEMUDI
4. POROS INTERMEDIATE
5. RACK AND PINION
6. TIE ROD
7. SEPATU RACK
8. LENGAN NAKEL





KOMPONEN UTAMA RACK
1. BALL JOINT
2. TIE ROD
3. RACK
4. PINION
5. BOAT 






FUNGSI KOMPONEN UTAMA SISTEM KEMUDI
JENIS RACK AND PINION
1. RODA KEMUDI
    Mengendalikan arah roda depan melalui lengan penghubung
2. POROS UTAMA KEMUDI
    Mengirim gaya putar roda kemudi ke bak roda gigi kemudi
3. BATANG KEMUDI
    Merupakan tempat poros utama
4. POROS INTERMEDIATE
    Menghubungkan poros utama dan poros pinion
5. RACK AND PINION
    Menambah gaya yang dikirim dari roda kemudi dan gerakkan putar dirubah menadi gerak translasi
6. TIE ROD
    Menghubungkan lengan nakel dan batang penghubung
7. SEPATU RACK
    Mencegah masuknya lumpur dan debu kedalam mekanisme rack
8. LENGAN NAKEL
    Mengendalikan roda-roda depan sesuai dengan gerakkan lengan penghubung
Worm steer

Worm steer ada 2 jenis yaitu tipe rack and pinion dan tipe Recilculating ball.

- Tipe Rack and Pinion

Letaknya pada kendaraan seperti dibawah

Tipe ini biasanya digunakan pada kedaraan kecil. Komponen dari worm steer tipe Rack and Pinion seperti gambar di bawah.

Keuntungan dan kerugian worm steer tipe rack and pinion

a. Keuntungan
1. Konstruksi kompak, sederhana, ringan, roda gigi relatif lebih kecil dan rak yan berfungsi sebagai lengan kemudi
2. Persinggungan antara gigi pinion dan rak terjadi secara langsung, sehingga respon pengemudian terjadi secara langsung pula
3. Pemindahan momen relatif lebih baik, sehingga kemudi menjadi sangat ringan

b. Kerugian
1. bentuk roda gigi relatif kecil, sehingga kemudi jenis ini hanya dapat digunakan pada mobil penumpang ukuran kecil sampai sedang
2.Persinggungan antara gigi-gigi terjadi secara langsung sehingga keausan relatif lebih cepat terjadi
3. Bentuk gigi rak adalah lurus (spur gear), sehingga dapat menyebabakan cepatnya keausan pada rak. 
- Worm steer tipe Recilculating ball

Tipe ini biasanya digunakan untuk kendaraan niaga atau beban

Bentuk worm steer tipe Recilculating ball
Bagian bagian worm steer tipe recilculating ball
Keuntungan dan kerugian worm steer tipe recilculating ball
a. Keuntungan
1. komponen gigi kemudi yang relatif lebih besar, bisa digunakn pada mobil yang berukuran sedang, mobil penumpang besar, dan kendaraan komersial
2. Rangkaian antara gigi menggunakan bantalan peluru yang bergulung, menyebabkan keausan relatif kecil dan pemutaran roda kemudi relatif ringan

b. Kerugian
1. Hubungan antar gigi sektor dan gigi pinion tidak langsung, melainakan dengan bantuan mur dan peluru, menyebabkan konstruksi menjadi rumit
2. Konstruksi yang rumit menyebabkan servis pada kemudi memerlukan perhatian khusus

 
 
Terimakasih telah berkunjung ke akun saya  
Semoga bisa bermanfaat untuk sobat
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar