Assalamualaikum Wr.Wb
SELAMAT DATANG
DI
AKUN BLOG SAYA
Disini saya akan memberikan informasi hanya khusus
mengenai dunia Otomotif
Informasi ini saya dapatkan langsung dari materi di
sekolah saya
Dan
Di dunia industri otomotif
Secara praktek kerja lapangan maupun teori yang ku
peajari dan ku alami
Materi yang ku biasa berikan kali ini tentang :
SISTEM KEMUDI
Untuk mengendalikan arah gerak kendaraan
SISTEM KEMUDI DIBEDAKAN MENJADI 2 JENIS,
YAITU :
1. SISTEM KEMUDI MANUAL
2. SISTEM KEMUDI OTOMATIS (KEMUDI DAYA)
URAIAN
1. SISTEM KEMUDI MANUAL
KOMPONEN UTAMA SISTEM KEMUDI
1. STEERING WHEEL
2. STEERING COLUMN
3. STEERING GEAR
4. STEERING LINGKAGE
FUNGSI KOMPONEN UTAMA SISTEM KEMUDI
1. STEERING WHEEL
Mengendalikan arah roda depan melalui lengan penghubung
2. STEERING COLUMN
Untuk meneruskan arah putaran dari kemudi ke steering gear
3. STEERING GEAR
Untuk memungkinkan roda depan dapat diarahkan sesuai dengan arah putaran kemudi yang diinginkan
4. STEERING LINGKAGESebagai penghubung untuk memindahkan tenaga putar dari steering wheel ke roda depan.
Pada dasarnya Steering Gear dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu :
a. Jenis Worm and Sector Roller
b. Jenis Worm and Sector
c. Jenis Screw Pin
d. Jenis Screw and Nut
e. Jenis Recirculating Ball
KOMPONEN UTAMA SISTEM KEMUDI JENIS RECIRCULATING BALL
1. RODA KEMUDI
2. POROS UTAMA KEMUDI
3. BATANG KEMUDI
4. BAK RODA GIGI KEMUDI
5. LENGAN PITMAN
6. BATANG PENGHUBUNG
7. TIE ROD
8. LENGAN IDLER
9. LENGAN NAKEL
10. BALL JOINT SUSPENSI
11. BANTALAN ATAS
FUNGSI KOMPONEN UTAMA SISTEM KEMUDI JENIS RECIRCULATING BALL
1. RODA KEMUDI
Mengendalikan arah roda depan melalui lengan penghubung
2. POROS UTAMA KEMUDI
Mengirim gaya putar roda kemudi ke bak roda gigi kemudi
3. BATANG KEMUDI
Tempat Poros Utama
4. BAK RODA GIGI KEMUDI
Merubah gerak putar kemudi ke gerakkan maju mundur lengan penghubung
5. LENGAN PITMAN
digerakkan maju mundur oleh bak roda gigi kemudi dan dihubungkan dengan batang penghubung
6. BATANG PENGHUBUNG
Menghubungkan Tie Rod di sebelah kanan dan kiri
7. TIE ROD
Menghubungkan lengan nakel dan batang penghubung
8. LENGAN IDLER
Menunjang batang penghubung dan tie rod
9. LENGAN NAKEL
Mengendalikan roda depan sesuai dengan gerakkan lengan penghubung
10. BALL JOINT SUSPENSI
Tempat berputarnya roda-roda depan
11. BANTALAN ATAS
Tempat dudukan peredam kejut
f. Jenis Rack and Pinion
KOMPONEN UTAMA SISTEM KEMUDI JENIS RACK AND PINION
1. RODA KEMUDI
2. POROS UTAMA KEMUDI
3. BATANG KEMUDI
4. POROS INTERMEDIATE
5. RACK AND PINION
6. TIE ROD
7. SEPATU RACK
8. LENGAN NAKEL
KOMPONEN UTAMA RACK
1. BALL JOINT
2. TIE ROD
3. RACK
4. PINION
5. BOAT
FUNGSI KOMPONEN UTAMA SISTEM KEMUDI
JENIS RACK AND PINION
1. RODA KEMUDI
Mengendalikan arah roda depan melalui lengan penghubung
2. POROS UTAMA KEMUDI
Mengirim gaya putar roda kemudi ke bak roda gigi kemudi
3. BATANG KEMUDI
Merupakan tempat poros utama
4. POROS INTERMEDIATE
Menghubungkan poros utama dan poros pinion
5. RACK AND PINION
Menambah gaya yang dikirim dari roda kemudi dan gerakkan putar dirubah menadi gerak translasi
6. TIE ROD
Menghubungkan lengan nakel dan batang penghubung
7. SEPATU RACK
Mencegah masuknya lumpur dan debu kedalam mekanisme rack
8. LENGAN NAKEL
Mengendalikan roda-roda depan sesuai dengan gerakkan lengan penghubung
Worm steer
Worm steer ada 2 jenis yaitu tipe rack and pinion dan tipe Recilculating ball.
- Tipe Rack and Pinion
Letaknya pada kendaraan seperti dibawah
Tipe ini biasanya digunakan pada kedaraan kecil. Komponen dari worm steer tipe Rack and Pinion seperti gambar di bawah.
2. Persinggungan antara gigi pinion dan rak terjadi secara langsung, sehingga respon pengemudian terjadi secara langsung pula
3. Pemindahan momen relatif lebih baik, sehingga kemudi menjadi sangat ringan
2.Persinggungan antara gigi-gigi terjadi secara langsung sehingga keausan relatif lebih cepat terjadi
3. Bentuk gigi rak adalah lurus (spur gear), sehingga dapat menyebabakan cepatnya keausan pada rak.
- Worm steer tipe Recilculating ball
Tipe ini biasanya digunakan untuk kendaraan niaga atau beban
a. Keuntungan
1. komponen gigi kemudi yang relatif lebih besar, bisa digunakn pada mobil yang berukuran sedang, mobil penumpang besar, dan kendaraan komersial
2. Rangkaian antara gigi menggunakan bantalan peluru yang bergulung, menyebabkan keausan relatif kecil dan pemutaran roda kemudi relatif ringan
b. Kerugian
1. Hubungan antar gigi sektor dan gigi pinion tidak langsung, melainakan dengan bantuan mur dan peluru, menyebabkan konstruksi menjadi rumit
2. Konstruksi yang rumit menyebabkan servis pada kemudi memerlukan perhatian khusus
Worm steer ada 2 jenis yaitu tipe rack and pinion dan tipe Recilculating ball.
- Tipe Rack and Pinion
Letaknya pada kendaraan seperti dibawah
Tipe ini biasanya digunakan pada kedaraan kecil. Komponen dari worm steer tipe Rack and Pinion seperti gambar di bawah.
Keuntungan dan kerugian worm steer tipe rack and pinion
a. Keuntungan
1. Konstruksi kompak, sederhana, ringan, roda gigi relatif lebih kecil dan rak yan berfungsi sebagai lengan kemudi2. Persinggungan antara gigi pinion dan rak terjadi secara langsung, sehingga respon pengemudian terjadi secara langsung pula
3. Pemindahan momen relatif lebih baik, sehingga kemudi menjadi sangat ringan
b. Kerugian
1. bentuk roda gigi relatif kecil, sehingga kemudi jenis ini hanya
dapat digunakan pada mobil penumpang ukuran kecil sampai sedang 2.Persinggungan antara gigi-gigi terjadi secara langsung sehingga keausan relatif lebih cepat terjadi
3. Bentuk gigi rak adalah lurus (spur gear), sehingga dapat menyebabakan cepatnya keausan pada rak.
Tipe ini biasanya digunakan untuk kendaraan niaga atau beban
Bentuk worm steer tipe Recilculating ball
Bagian bagian worm steer tipe recilculating ball
Keuntungan dan kerugian worm steer tipe recilculating ball
1. komponen gigi kemudi yang relatif lebih besar, bisa digunakn pada mobil yang berukuran sedang, mobil penumpang besar, dan kendaraan komersial
2. Rangkaian antara gigi menggunakan bantalan peluru yang bergulung, menyebabkan keausan relatif kecil dan pemutaran roda kemudi relatif ringan
b. Kerugian
1. Hubungan antar gigi sektor dan gigi pinion tidak langsung, melainakan dengan bantuan mur dan peluru, menyebabkan konstruksi menjadi rumit
2. Konstruksi yang rumit menyebabkan servis pada kemudi memerlukan perhatian khusus
Terimakasih telah berkunjung ke
akun saya
Semoga bisa bermanfaat untuk
sobat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar